Friday 20th of September 2024
×

Bismillah Cair! Cara Cek Penerima Bantuan PIP Agustus 2024 Terbaru, Langsung Via Link Resmi, Ini Tutorialnya

Bismillah Cair! Cara Cek Penerima Bantuan PIP Agustus 2024 Terbaru, Langsung Via Link Resmi, Ini Tutorialnya

--

PusatData - Program Indonesia Pintar (PIP), lembaga yang dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan sebagai infrastruktur pengelola kebutuhan pembelajaran formal. Dana PIP akan disalurkan kepada siswa melalui rekening khusus yang harus dibuat terlebih dahulu, kemudian diberikan dalam bentuk uang tunai guna memenuhi kebutuhan siswa yang aktif bersekolah.

Pada artikel kali ini, kami akan menyampaikan informasi seputar cara cek penerima PIP pada bulan Agustus 2024 melalui link resmi Kemendikbud yang juga kami sematkan pada ulasan di bawah. Simak lanjutannya sampai tuntas ya!


Baca juga: Cara Memunculkan Tombol Kirim Higgs Domino Terbaru Bulan Agustus 2024, Gampang Banget Auto Berhasil

Baca juga: Daftar Kode Redeem Stumble Guys Terbaru Hari Ini, 30-31 Juli 2024, Update 1 Menit, Unlock All Skin Favoritmu!

Beasiswa PIP diselenggarakan oleh pemerintah yang ditujukan pada tingkat dasar hingga menengah ke atas, serta pendidikan khusus. PIP dirancang untuk membantu anak-anak dengan usia sekolah yang berkeadaan kurang atau tidak berkecukupan. Semua tingkat wajib sekolah (SD-SMA) dapat mengikuti program ini, dengan syarat harus memenuhi kualifikasi tertentu yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Berikut beberapa persyaratan yang harus diperhatikan:

  1. Peserta didik berstatus yatim dan/atau piatu, termasuk peserta didik yang berada di panti sosial atau panti asuhan.
  2. Peserta didik yang mau bersekolah kembali setelah putus sekolah.
  3. Peserta didik yang terdampak bencana alam.
  4. Peserta didik korban musibah di daerah konflik.
  5. Peserta didik berkebutuhan khusus.
  6. Peserta didik yang orangtua/ walinya sedang berstatus sebagai narapidana.
  7. Peserta didik yang berstatus sebagai tersangka atau narapidana.

Baca juga: Berapa Kekayaan Tomy Winata? Dituding Sebagai Anggota 9 Naga sekaligus Mafia: Motto Saya Hanya Peduli dengan Sesama

Jumlah Nominal PIP Tiap Jenjang

Besaran jumlah yang diberikan pada masing-masing jenjang tentunya berbeda, tergantung dengan kebutuhan siswa. Tiap tahunnya juga mengalami peningkatan karena disesuaikan juga dengan inflasi ekonomi Indonesia. Untuk tahun 2024, berikut rincian bantuan PIP dari SD-SMA:

Sumber:

UPDATE TERBARU