Friday 20th of September 2024
×

Siapa Mat Seni? Ini Dia Pemilik Julukan Unik dan Kisah Perjalanan Hidupnya yang Penuh Perjuangan

Siapa Mat Seni? Ini Dia Pemilik Julukan Unik dan Kisah Perjalanan Hidupnya yang Penuh Perjuangan

--

PusatData - Pada desain uang Rp2.000 terdapat gambar pahlawan yang sering disebut Mat Seni. Namun, ternyata belum banyak orang yang mengenalnya. Padahal, Mat Seni adalah salah satu tokoh nasional yang berperan besar dalam kemerdekaan Indonesia. Bahkan namanya sampai diabadikan sebagai nama jalan hingga gambar uang pecahan.

Kali ini, kami akan membagikan informasi kilas balik perjalanan hidup dari salah satu pahlawan Indonesia yang cukup tersohor. Simak penjelasannya berikut ini.


Baca juga: Download IDLIX MOD APK 2024 [Unlocked Premium], Aplikasi Streaming Film dan Series Gratis Untuk Android dan iOS

Baca juga: Video Viral Isna Amsikan 2 Menit 39 Detik 2 Jari Cek Rekaman Asli No Sensor di Sini Bikin Geger Media Sosial

Profil Singkat Mat Seni

Muhammad Husni Thamrin, lahir di Sawah Besar, Jakarta, pada 16 Februari 1894. Ayahnya keturunan Eropa yang memiliki darah Inggris dan ibunya asli Betawi. Beliau berasal dari keluarga terpandang. Kakeknya yang mempunyai hotel di kawasan Petojo dan ayahnya, Thamrin Mohamad Thabrie, juga pernah menjadi Wedana Batavia pada 1908.

Tidak hanya itu, Thamrin merupakan tamatan sekolah Belanda yang mahir dalam berdebat dalam baik bahasa Belanda dan bahasa Inggris. Pendidikan inilah yang menjadi tumpuan untuk Thamrin memulai karirnya sebagai pegawai magang di Residen Batavia.

Pada tanggal 11 Januari 1941 Muhammad Husni Thamrin wafat, setelah sakit beberapa waktu lamanya. Akan tetapi beberapa saat sebelum wafat, pemerintah kolonial telah melakukan tindakan "sangat kasar" terhadap dirinya. Dalam keadaan sakit, ia harusmenghadapi perlakuan kasar itu, yaitu rumahnya digeledah oleh polisi-polisi rahasia Belanda (PID). Ia sempat memprotesnya, akan tetapi tidak diindahkan.

Wafatnya Muhammad Husni Thamrin tentu sangat memberikan kebermaknaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah kehilangan salah seorang pemimpinnya yang cerdas danberwibawa. Menurut laporan resmi, ia dinyatakan bunuh diri namun ada dugaan ia dibunuh. Jenazahnya dimakamkan di TPU Karet, Jakarta.

Baca juga: FYP! Apa Arti Sekop Sekop Viral Tiktok? Jadi Kata Andalan Saat Dangdutan, Ternyata Ini Maknanya!

Sumber:

UPDATE TERBARU